1. TKJ (Teknik Komputer Jaringan)
2. RPL (Rekayasa Prangkat Lunak)
3. MM (Multi Media)
Pertama kita akan membahas tentang jurusan TKJ
Teknik
komputer dan jaringan (TKJ) merupakan model pendidikan kejuruan yang berbasis
teknologi informasi dan komunikasi.Teknik komputer dan jaringan saat ini
keberadaannya sudah mulai terlihat dimata publik, dimana jurusan ini merupakan
jurusan yang sudah mendekati ilmu praktisi yang langsung dapat
diimplementasikan dilingkungan dunia kerja profesional.beberapa alasan utama mengapa jurusan ini
diminati oleh pada siswa diantaranya :
1. sudah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari bagi setiap
orang yang dimana pekerjaannya sebagian besar menggunakan teknologi informasi
misalnya Komputer, Handphone, IPOD dan lain sebagainya;
2. Transaksi bisnis saat ini rata-rata sudah bergantung kepada mesin-mesin yang
bekerja selama 24 jam misalnya perusahaan-perusahaan Hosting, Bank, perusahaan
yang bergerak dibidang Komunikasi sekalipun;
3. Setiap hari, setiap bulan dan tahun teknologi informasi berkembang tiada
henti seiring dengan perkembangan jaman
4. Peluang kerja di era kedepan sudah dipastikan manusia dapat berinteraksi
dengan mesin-mesin yang bekerja secara kontinyu, dimana manusia beperan sebagai
kontrol terhadap mesin-mesin tersebut;
5. Dalam kehidupan sehari-hari manusia sudah sangat bergantung kepada pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi baik itu dibigan usaha, ekonomi, perbankan,
perindustiran, bahkan saat ini sudah mermbah kebidang pendidikan dan lain
sebagainya.
Kedua kita akan membahas tentang jurusan MM
Dalam kategori multimedia content
production menggunakan media sebagai berikut :
1.
Media tulisan (Teks)
2.
Media Suara (Audio)
3.
Media Video
4.
Gambar (Grafik)
5.
Media Animasi
6.
Media Efek Khusus (Special Effect)
7.
Media Interaktif (Interactivity)
Dalam jurusan multimedia ini kita
akan mempelajari hal – hal berikut :
- Dasar-dasar multimedia
- Pengenalan dan Perakitan PC
- Etimologi Multimedia
- Fotografi dan Teknik Pengambilan Gambar
- Belajar Animasi Dasar
- Alir Produksi Multimedia
- Pengelolaan Web
- Desain Animasi
- Video Shooting
- Audio dan Video Editing
- Menggambar Clean-up dan Sisip
- Perawatan peralatan multimedia
- Proposal pembuatan produk
- Seni Grafis dan Gambar 2D
- Stop Motion
- Efek Khusus
- Pembuatan Story Board
- Instalasi Sistem Operasi Dasar
- Final Project (Proyek Akhir pembuatan produk multimedia)
Ketiga kita akan membahas tentang jurusan RPL
Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) atau dalam bahasa Inggris Software Engineering (SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
Garis Besar Kerangka Kurikulum REKAYASA PERANGKAT LUNAK:
1. Personal Komputer & Jaringan (merakit, instalasi dan menggunakan sistem operasi)
2. Menggunakan Bahasa Pemrograman Komputer (Desktop/Web)
3. Merancang, membuat dan mengelola aplikasi pengelolaan data
Tingkatan Sumber Daya Manusia dalam Bidang RPL :
1. User / Pengguna
2. Operator
3. Junior Programmer (Pembuat Program Yunior)
4. Senior Programmer (Pembuat Program Senior)
5. Analist
Target Pendidikan Jurusan RPL SMK → Operator Menuju Junior Programmer
Lapangan Pekerjaan :
a. Semua bidang pekerjaan yang berhubungan dengan komputer
b. Programmer Junior
c. Operator dan Teknisi Komputer
d. Bagian pengolahan data
Proses belajar mengajar di RPL SMK :
1. Normatif
2. Adaftif
3. Produktif
Produktif :
1. Kompetensi Dasar
2. Kompetensi Keahlian
Produktif → berisi materi2 utama khas RPLyang akan dibagi menjadi jam kegiatan berikut:
* Tatap Muka (TM)
* Praktek Sekolah (PS)
* Praktek Lapangan (PL)
Magang adalah kegiatan belajar siswa di lapangan untuk melihat, mencoba, mempraktekkan pelajaran di sekolah secara real dilapangan / dunia industri
Jurusan SMK harus mengikat kerjasama untuk magang dengan dunia industri bidang perangkat lunak,jaringan, dan multimedia yang sesuai dengan bidang yang dimilikinya
1. Personal Komputer & Jaringan (merakit, instalasi dan menggunakan sistem operasi)
2. Menggunakan Bahasa Pemrograman Komputer (Desktop/Web)
3. Merancang, membuat dan mengelola aplikasi pengelolaan data
Tingkatan Sumber Daya Manusia dalam Bidang RPL :
1. User / Pengguna
2. Operator
3. Junior Programmer (Pembuat Program Yunior)
4. Senior Programmer (Pembuat Program Senior)
5. Analist
Target Pendidikan Jurusan RPL SMK → Operator Menuju Junior Programmer
Lapangan Pekerjaan :
a. Semua bidang pekerjaan yang berhubungan dengan komputer
b. Programmer Junior
c. Operator dan Teknisi Komputer
d. Bagian pengolahan data
Proses belajar mengajar di RPL SMK :
1. Normatif
2. Adaftif
3. Produktif
Produktif :
1. Kompetensi Dasar
2. Kompetensi Keahlian
Produktif → berisi materi2 utama khas RPLyang akan dibagi menjadi jam kegiatan berikut:
* Tatap Muka (TM)
* Praktek Sekolah (PS)
* Praktek Lapangan (PL)
Magang adalah kegiatan belajar siswa di lapangan untuk melihat, mencoba, mempraktekkan pelajaran di sekolah secara real dilapangan / dunia industri
Jurusan SMK harus mengikat kerjasama untuk magang dengan dunia industri bidang perangkat lunak,jaringan, dan multimedia yang sesuai dengan bidang yang dimilikinya
bagus
BalasHapusrancak
HapusRancak
BalasHapusapakah bisa menerima siswa dari luar daerah tanpa rayon??
BalasHapus3D Race Tech Titanium - TITanium-ART
BalasHapus2D titanium muzzle brake Race garmin fenix 6x pro solar titanium Tech titanium athletics Titanium titanium wedding rings - TITanium-ART westcott scissors titanium